Ada banyak kriteria planning (perencanaan). Ada perencanaan harian, mingguan, bulanan, semesteran, tahunan, 5 tahunan dan sepanjang hidup. Tapi ketahuilah bahwa semua itu hendaknya mengarah kepada kebahagiaan di dunia dan di akhirat (tujuan dari hidup ini (for me)). 

 

Janganlah terlalu berharap untuk menjadi pintar, tapi sangat berharaplah untuk menjadi orang cerdas. Janganlah terlalu berharap menjadi orang sukses, tapi sangat berharaplah menjadi orang yang beruntung. Why??? Karena orang pintar dapat masih kalah dari orang cerdas. Karena orang sukses masih kalah dari orang yang beruntung. Karena sudah banyak orang pintar di muka bumi ini, namun masih sedikit orang yang cerdas. Karena sukses dapat dilakukan oleh siapa saja, sedangkan keberuntungan hanya dapat dilakukan oleh orang yang luar biasa. 

 

Semangat dalam hidup seseorang sangat berbeda dengan semangat yang lainnya. Seperti contoh : kunci semangat seseorang bisa karena mendapat support dari pacar, namun yang lain kunci semangatnya bisa karena support orang tua, keinginan untuk sukses (yang menggebu-gebu) dan lainnya. So, ketahuilah dari sekarang kunci semangat dalam diri kita masing-masing karena itu akan menjadi pencegah dan sekaligus pengobat pada saat semangat kita jatuh (down) dan  semangat dalam hidup itu sangat penting...... Semangat !!!!!!!!

 

Rasa takut dalam hidup ini adalah sesuatu yang normal. Dengan rasa takut, kita mempunyai pertimbangan-pertimbangan untuk melakukan sesuatu. Namun tanpa rasa takut, kita tidak mempunyai pertimbangan-pertimbangan dalam melakukan sesuatu sehingga akan membawa kita pada titik paling rendah dalam hidup ini. Akan tetapi, rasa takut yang berlebihan akan membawa kita menjadi orang yang serba pertimbangan dalam melakukan sesuatu (pelit terhadap diri sendiri). So, lakukan sesuatu dengan pertimbangan yang sewajarnya dan janganlah pelit terhadap diri sendiri. 

 

Suatu keberhasilan / kesuksesan / keberuntungan (up) akan terasa sangat bermakna karena kita sendiri pernah merasakan pahitnya atau tidak enaknya kegagalan (down).  Oleh sebab itu, kegagalan pada hari (saat) ini akan menjadi modal sehingga keberhasilan kita saat nanti akan terasa sangat bermakna (berarti). So, janganlah jatuh (down) dengan kegagalan kali ini. Ingatlah dibalik kegagalan hari ini akan menimbulkan keberhasilan yang begitu bermakna… Semangat!!!!!!